Kemendikbudristek Adakan Webinar Asesmen Nasional “Survei Lingkungan Belajar untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran”
Jakarta, 5 September 2023 — Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyelenggarakan webinar asesmen nasional bertajuk “Survei Lingkungan Belajar untuk Meningkatkan Kualitas Proses Pembelajaran” menjelang pelaksanaan Survei Lingkungan Belajar (Sulingjar). Webinar ini disiarkan secara langsung melalui kanal YouTube pada Selasa (5/9).
Sebagai bagian dari Asesmen Nasional 2023, Sulingjar diharapkan dapat memberikan gambaran yang komprehensif tentang proses pembelajaran, praktik guru, kepemimpinan sekolah, iklim keamanan, dan iklim kebhinekaan di satuan pendidikan. Pelaksana tugas Direktur Sekolah Menengah Pertama, Kemendikbudristek, I Nyoman Rudi Kurniawan, menekankan pentingnya partisipasi aktif peserta Sulingjar karena hasil survei ini akan menjadi bagian dari data Rapor Pendidikan.
Webinar ini menghadirkan beberapa narasumber dari Kemendikbudristek yang membahas langkah-langkah pengisian dan pemantauan pelaksanaan Sulingjar. Dalam sambutannya, Plt. Direktur Sekolah Menengah Pertama menyebutkan bahwa informasi yang didapatkan dari Sulingjar akan membantu meningkatkan kualitas pembelajaran sehingga peserta didik dapat merasakan praktik pembelajaran yang menyenangkan.
Fransisca Nuraini Krisna, salah satu narasumber, menjelaskan bahwa penilaian Sulingjar terfokus pada dimensi D dan E dalam Rapor Pendidikan, yaitu mutu dan relevansi pembelajaran serta pengelolaan sekolah yang partisipatif. Dalam konteks Gerakan Merdeka Belajar, Sulingjar menjadi upaya untuk mencapai Profil Pelajar Pancasila yang mencakup literasi, numerasi, dan lingkungan belajar.
Mansur, narasumber lainnya, menggarisbawahi pentingnya Sulingjar dalam mendukung Profil Pelajar Pancasila dan perkembangan karakter murid melalui lingkungan belajar yang optimal. Terakhir, Elly Wismayanti menekankan pentingnya menjalankan Sulingjar sesuai dengan kondisi satuan pendidikan masing-masing agar permasalahan yang ada dapat diidentifikasi untuk perbaikan kualitas pembelajaran.
Melalui Sulingjar, satuan pendidikan diharapkan dapat memahami dengan lebih baik kualitas pembelajaran mereka dan menggunakannya sebagai dasar untuk meningkatkan pengalaman belajar peserta didik.