Berita Pendidikan

Universitas Sebelas Maret (UNS) Raih Prestasi Internasional untuk Ketiga Kalinya

Pada rilis terbaru Times Higher Education (THE) World University Rankings (WUR) 2024 yang diumumkan pada 27 September 2023, Universitas Sebelas Maret (UNS) kembali menorehkan prestasi dengan masuk ke dalam pemeringkatan tersebut. Ini merupakan pencapaian ketiga kalinya bagi UNS, yang berhasil menempati peringkat ke-1201-1500 dari 1.904 perguruan tinggi di 108 negara yang dinilai oleh THE.

Dari 24 perguruan tinggi Indonesia yang masuk dalam THE WUR 2024, UNS berada pada posisi yang mengesankan, yakni peringkat ke-7 sejajar dengan institusi-institusi besar seperti ITB, UGM, dan lainnya. Terlebih, UNS turut berbagi peringkat dengan UNAIR, BINUS, IPB, USK, dan ITS.

THE WUR 2024 membawa sedikit perubahan dalam metodologi pemeringkatan. Terdapat lima pilar evaluasi, meliputi Teaching (29,5%), Research Environment (29%), Research Quality (30%), Industry (4%), dan International Outlook (7,5%). Setiap pilar memiliki indikator spesifik, seperti reputasi dalam pembelajaran, produktivitas penelitian, kekuatan riset, dan dampak riset.

Rektor Universitas Sebelas Maret, Prof. Jamal Wiwoho, menyambut gembira pencapaian ini. Dalam pernyataannya, Prof. Jamal mengungkapkan rasa syukur atas peringkat ke-1201-1500 UNS dalam THE WUR 2024. Prestasi ini memperkuat posisi UNS di tingkat internasional, sejajar dengan institusi-institusi ternama seperti ITB dan UGM.

Prof. Jamal juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh civitas akademika UNS yang turut serta berkontribusi dalam kesuksesan ini. Pencapaian ini tidak hanya mengukir prestasi bagi UNS tetapi juga mencerminkan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia. Selamat untuk UNS, semoga prestasi ini menjadi motivasi bagi perguruan tinggi Indonesia lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *