Berita Kebudayaan

Pencabutan Perda 11 Tahun 1992: Fraksi NasDem DPRD DKI Jakarta Dorong Percepatan Pembangunan Wisata di Kepulauan Seribu

Fraksi NasDem DPRD DKI Jakarta memberikan apresiasi atas pencabutan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 11 Tahun 1992 tentang Penataan dan Pengelolaan Kepulauan Seribu Kotamadya Jakarta Utara. Abdul Azis Muslim, Sekretaris Fraksi NasDem DPRD DKI, menyatakan bahwa Perda tersebut sudah tidak relevan dengan kondisi saat ini, dimana Kepulauan Seribu telah menjadi kabupaten yang dipimpin oleh bupati.

Menurut Abdul Azis Muslim, pencabutan Perda ini merupakan inisiatif dari Fraksi NasDem yang telah lama diharapkan. Ia menyatakan, “Alhamdulillah ini sesuai dengan harapan kami dan ini memang merupakan inisiatif dari Fraksi NasDem, sudah lama kami ingin agar Perda tentang Pengelolaan Kepulauan Seribu ini dicabut karena sudah tidak relevan.”

Selain dianggap tidak relevan, pencabutan Perda ini diharapkan dapat mempercepat pembangunan destinasi pariwisata di Kepulauan Seribu. Menurut Abdul Azis, Kepulauan Seribu memiliki potensi wisata yang menarik dan harus menjadi destinasi maritim DKI Jakarta, sebagaimana halnya Labuan Bajo di Nusa Tenggara Barat.

Pencabutan Perda DKI Nomor 11 Tahun 1992 didasarkan pada fakta bahwa Kepulauan Seribu telah ditetapkan sebagai Kabupaten Administrasi sesuai dengan PP Nomor 55 Tahun 2001. Dengan demikian, Kepulauan Seribu tidak lagi menjadi bagian dari kota administrasi.

Abdul Azis menegaskan bahwa pencabutan Perda ini diharapkan membuka peluang lebih besar untuk pengembangan Kepulauan Seribu sebagai destinasi maritim. Ia menyatakan, “Kita fokus ke depan ini Kepulauan Seribu menjadi destinasi wisata maritim DKI Jakarta seperti di Labuan Bajo (Nusa Tenggara Barat). DKI harus punya itu, pulau-pulau itu harus dibangun supaya bagus, nanti kan perekonomian juga kan naik.”

Sebelumnya, Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono juga mengajukan pencabutan beberapa Perda, termasuk Perda 11/1992, yang dianggap tidak sesuai lagi dengan kondisi terkini di mana Kepulauan Seribu telah memisahkan diri dari Jakarta Utara dan menjadi wilayah kabupaten yang mandiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *