Berita Kebudayaan

Pemda Cirebon Bersatu dalam Branding, Luncurkan Visit Cirebon Raya untuk Memaksimalkan Potensi Wisata

Pemerintah daerah di wilayah Cirebon memutuskan untuk bersatu dalam upaya branding destinasi wisata mereka, dengan mengusung konsep “Cirebon Raya.” Keputusan ini melibatkan lima kabupaten dan kota di Cirebon, yang sepakat untuk menggabungkan potensi wisata masing-masing dalam satu wadah.

 

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Cirebon, Agus Sukmanjaya, menjelaskan bahwa inisiatif ini awalnya disebut Ciayumajakuning, tetapi kemudian di rebranding menjadi Cirebon Raya. “Setelah rebranding, kita juga memiliki wadah promosi bersama, yaitu melalui website visitcirebon.id,” ucap Agus.

 

Website tersebut berfungsi sebagai laman sentral yang menampung semua informasi terkait pariwisata di Cirebon Raya. Dari kanal informasi pariwisata di Kota Cirebon hingga kabupaten lainnya, semuanya terhubung di sana, memberikan laman yang dikelola oleh pihak swasta akses terkini mengenai potensi wisata di Cirebon Raya.

 

Peluang wisata di Cirebon Raya semakin terbuka dengan keberadaan Bandara Kertajati, tol Cipali, tol Cisumdawu, dan jalur kereta api double track. Agus mengungkapkan bahwa Cirebon Raya memiliki daya tarik wisata yang tak kalah dengan daerah lainnya. Mulai dari keindahan alam di Kabupaten Kuningan dan Majalengka, wisata bahari di Kabupaten Indramayu, hingga Pulau Biawak sebagai destinasi premium.

 

Selain itu, terdapat juga wisata sejarah, budaya, dan religi di Kota dan Kabupaten Cirebon. Semua destinasi wisata didukung oleh kekayaan kuliner dan ekonomi kreatif yang bermunculan di masing-masing daerah.

 

Dengan langkah ini, diharapkan wisatawan yang transit di Bandara Kertajati akan tertarik untuk membelokkan arah dan menjelajahi keindahan Cirebon Raya. “Ini merupakan ikhtiar kita untuk meningkatkan kunjungan wisata,” ujar Agus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *