Berita Pendidikan

Nadiem Makarim: Gerakan Merdeka Belajar Tetap Berkibar, Capaiannya Memukau di Hari Guru Nasional 2023

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim, dengan penuh keyakinan menyatakan bahwa gerakan Merdeka Belajar akan terus berlanjut. Ungkapan itu dilontarkan pada peringatan Hari Guru Nasional (HGN) 2023 dengan tema “Bergerak Bersama, Rayakan Merdeka Belajar” di Indonesia Arena, Jakarta, Sabtu (25/11).

 

“Dalam usia Merdeka Belajar yang telah berjalan empat tahun, kami berhasil mengundang tujuh ribu lima ratus guru untuk merayakan Hari Guru Nasional. Hadirnya para guru membuat saya semakin yakin bahwa gerakan Merdeka Belajar akan berlanjut, meskipun kepemimpinan telah berganti,” kata Nadiem.

 

Nadiem juga memaparkan capaian dari program-program yang tergabung dalam konsep Merdeka Belajar. Kurikulum Merdeka, yang memberikan kebebasan kepada guru untuk berinovasi, telah diterapkan di lebih dari 350 ribu satuan pendidikan. Platform Merdeka Mengajar, yang menghubungkan lebih dari 3,3 juta guru dari seluruh Indonesia, terus berperan dalam meningkatkan kualitas pendidikan.

 

Selain itu, 50 ribu Guru Penggerak di seluruh Indonesia terus mendorong perubahan di daerah masing-masing, dengan lebih dari 9.000 di antaranya telah diangkat menjadi kepala sekolah. Proses pengangkatan guru honorer sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) juga mencapai lebih dari 500.000, mendekati target satu juta guru ASN PPPK, yang diharapkan terpenuhi pada tahun 2024.

 

Semua pencapaian Merdeka Belajar diakui sebagai hasil dari dedikasi dan kerja keras para guru di seluruh Indonesia. Nadiem menyatakan apresiasinya, “Setiap guru yang hadir pada kesempatan ini sudah, dan akan terus, memberikan kontribusi luar biasa untuk kemajuan pendidikan Indonesia.”

 

Presiden Joko Widodo, yang turut hadir dalam acara tersebut, mengajak para pendidik untuk merayakan dan melanjutkan capaian Merdeka Belajar. “Negara berkewajiban memberikan apresiasi dan terima kasih kepada para guru yang tak henti mendedikasikan diri untuk anak-anak Indonesia,” ungkap Presiden Jokowi.

 

Presiden juga menekankan kewajiban guru untuk terus berinovasi, meningkatkan kualitas pendidikan, dan menciptakan sumber daya manusia unggul yang berkepribadian dan berkarakter Indonesia, menghadapi tantangan masa depan dan perubahan global yang semakin tidak terprediksi. Perayaan HGN 2023 juga menampilkan penghargaan untuk para perwakilan guru Inovatif dan Dedikatif. Para penerima penghargaan termasuk Indri Kristiana Koam, Jamaluddin Rahmat, Sudiman, Isti Oktarandi, dan Retno Mundi Pertiwi yang memberikan kontribusi luar biasa dalam dunia pendidikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *