Berita KebudayaanBerita Pendidikan

Inspiratif! Budaya Sehat Jamu Meriahkan Panggung UNESCO sebagai Warisan Budaya Takbenda

Sesi sidang ke-18 Intergovernmental Committee for the Safeguarding of the Intangible Cultural Heritage di Kasane, Republik Botswana, menjadi saksi sejarah saat Budaya Sehat Jamu resmi bergabung dalam Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity UNESCO. Pada 6 Desember 2023 pukul 16.30 WIB, Indonesia berhasil menorehkan prestasi dengan merayakan keberhasilan ini, menjadikan Budaya Sehat Jamu sebagai Warisan Budaya Takbenda (WBTb) ke-13 yang tercatat dalam daftar UNESCO.

 

Mendikbudristek, Nadiem Anwar Makarim, menyuarakan kegembiraan dan kebanggaannya atas pengakuan yang diberikan oleh UNESCO terhadap Budaya Sehat Jamu. “Terima kasih kepada UNESCO atas penetapan jamu sebagai Warisan Budaya Takbenda. Keputusan ini tidak hanya melindungi dan mengembangkan jamu sebagai warisan budaya Indonesia tetapi juga berkontribusi positif terhadap kesehatan dan kesejahteraan global,” ungkap Mendikbudristek.

 

Lebih lanjut, Mendikbudristek menekankan, “Jamu, sebagai bagian tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat Indonesia selama berabad-abad, mencerminkan hubungan harmonis antara manusia dan alam. Ini adalah pencapaian luar biasa untuk pelestarian budaya kita.”

 

Saat memberikan apresiasi kepada para pelaku pelestarian jamu, Mendikbudristek mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat, mulai dari produsen, peramu, penjual, peneliti, hingga penggemar jamu. “Terima kasih kepada seluruh pendukung budaya sehat jamu baik di dalam negeri maupun luar negeri yang telah bersatu untuk memajukan ekosistem budaya kesehatan jamu seperti yang kita lihat sekarang,” tuturnya.

 

Indonesia kini telah mencatatkan 13 Warisan Budaya Takbenda Dunia UNESCO dengan Budaya Sehat Jamu yang baru saja diakui. Sebelumnya, Indonesia telah membanggakan diri dengan warisan seperti Wayang, Keris, Batik, Angklung, Tari Saman, dan lainnya.

 

Direktur Jenderal Kebudayaan, Hilmar Farid, menyoroti nilai strategis jamu dari sisi ekonomi. Selain sebagai kekayaan budaya dan alam Indonesia, jamu juga menjadi pendorong ekonomi lokal dan mendapat perhatian global. Momen ini bukan hanya menjadi kebanggaan bagi Indonesia tetapi juga memberikan inspirasi bagi pelestarian budaya dan warisan kesehatan di seluruh dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *