Berita KebudayaanBerita Pendidikan

Peluang Emas! Pemerintah Umumkan Penerimaan CPNS dan PPPK 2024 dengan 2,3 Juta Lowongan Pekerjaan

Presiden Joko Widodo mengungkapkan rencana penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) pada tahun 2024. Peluang karier terbuka lebar dengan target 2,3 juta lowongan pekerjaan, terutama di bidang guru dan dosen, tenaga kesehatan, dan tenaga teknis.

 

Pemerintah berkomitmen membuka 690.000 formasi CPNS pada 2024, memberikan kesempatan berharga bagi lulusan baru memulai karier dalam pelayanan publik. Dalam konferensi pers, Presiden Jokowi menjelaskan bahwa alokasi formasi ini disesuaikan dengan kebutuhan mendesak dalam pendidikan, kesehatan, dan teknis.

 

Proses pendaftaran CPNS-PPPK mengikuti langkah-langkah ketat, dimulai dari seleksi administrasi di Portal SSCASN (https://sscasn.bkn.go.id/). Setelahnya, peserta mengikuti tes Kompetensi Dasar (SKD) yang terdiri dari Tes Wawasan Kebangsaan, Tes Intelegensia Umum, dan Tes Karakteristik Pribadi. Para peserta yang lolos SKD dapat melanjutkan ke Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

 

Perubahan signifikan terjadi dalam seleksi ini. Presiden menegaskan bahwa fokusnya pada formasi guru dan dosen, tenaga kesehatan, dan tenaga teknis. Jurusan yang menjadi persyaratan juga mengalami perubahan, dengan penambahan jurusan baru seperti S1 Kedokteran Gigi, S1 Statistika, dan S1 Pendidikan Bahasa/Sastra Inggris.

 

Pelamar CPNS-PPPK harus memenuhi syarat umum dan syarat khusus, termasuk persyaratan pendidikan yang sesuai dengan jabatan yang dilamar. Pengumuman kelulusan, pemberkasan, dan penetapan Nomor Induk Pegawai (NIP) merupakan tahapan akhir setelah melewati serangkaian tes dan seleksi.

 

Kuota total lowongan ASN pada 2024 mencapai 2.302.453, terdiri dari 690.822 formasi CPNS lulusan baru dan 1.605.694 formasi PPPK. Dengan rincian formasi CPNS di instansi pusat dan daerah, penerimaan ini menjadi peluang besar bagi para pencari kerja yang ingin berkiprah dalam pelayanan publik.

 

Pendaftaran CPNS dan PPPK 2024 telah membuka pintu peluang karier yang luas, mengajak para calon pendaftar untuk bersiap mengikuti proses seleksi ketat demi memulai perjalanan karier dalam layanan publik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *