Berita Pendidikan

Awardee IISMA Kembali ke Tanah Air, Kembalikan Wawasan Global untuk Indonesia

Sebanyak 465 awardee Indonesian International Students Mobility Awards (IISMA) telah kembali ke Indonesia pada bulan Januari setelah menyelesaikan studi di luar negeri selama satu semester. Menandai akhir perjalanan pendidikan internasional mereka, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menggelar acara penyambutan virtual pada 31 Januari untuk memberikan apresiasi dan menyambut pulang awardee.

 

Dalam acara daring tersebut, Direktur Akademisi Pendidikan Tinggi Vokasi, Benny Bandanadjaja, dan Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Sri Suning Kusumawardani, turut hadir untuk memberikan sambutan hangat kepada awardee dan perwakilan perguruan tinggi asal. Acara ini dihadiri juga oleh orang tua awardee yang ikut menyambut kepulangan putra-putri terbaik bangsa.

 

Dalam sambutannya, Direktur Benny menyampaikan penghargaan kepada awardee yang telah berhasil menyelesaikan program IISMA. Ia mendorong para mahasiswa untuk mengambil inisiatif dan terlibat aktif dalam kehidupan kampus dan masyarakat. “Kami bangga memiliki kalian sebagai duta bangsa yang telah purna mengemban tugas di luar negeri. Kami menantikan prestasi besar kalian di masa depan,” ujar Benny.

 

Pengelola Program IISMA 2024, Andi Rahadiyan Wijaya, menyambut kepulangan awardee dengan kebahagiaan. Ia menegaskan bahwa IISMA bukan sekadar program beasiswa, melainkan sebuah keluarga yang saling melengkapi. “IISMA memberikan peluang untuk membangun jaringan, bertemu dengan orang-orang terbaik, dan meraih pengalaman global,” tambahnya.

 

Testimoni dari mitra host university IISMA, University of Pécs, Hungaria, juga disampaikan dalam acara. Direktur Pusat International University of Pécs, István Tarrósy, menyatakan kebanggaannya sebagai tuan rumah program IISMA. Ia berharap kerja sama dengan pemerintah Indonesia dapat terus berlanjut dan membawa lebih banyak mahasiswa Indonesia ke University of Pécs.

 

Awardee IISMA yang mewakili program sarjana dan vokasi juga berbagi hasil pembelajaran mereka selama studi di luar negeri. Ucapan selamat dan rasa syukur disampaikan oleh perwakilan orang tua awardee, yang menyatakan terima kasih kepada IISMA atas kesempatan belajar di luar negeri yang diberikan kepada anak-anak mereka.

 

Acara ini menjadi momen berharga untuk memperkuat koneksi antara awardee, mitra perguruan tinggi, dan pemerintah. Diharapkan bahwa pengalaman dan pengetahuan yang diperoleh selama studi di luar negeri akan menjadi modal berharga dalam mewujudkan kontribusi positif bagi masa depan Indonesia.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *