Berita Pendidikan

Kemendikbudristek Serukan KIP Kuliah Merdeka 2024, Anggaran Rp13,9 Triliun Disediakan!

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) tetap berkomitmen untuk mempercepat pembangunan sumber daya manusia unggul melalui peningkatan akses pendidikan. Program Indonesia Pintar Pendidikan Tinggi, atau yang akrab disebut Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIPK) Merdeka, menjadi fokus nyata dari komitmen tersebut.

 

Dalam webinar Sosialisasi Pendaftaran KIP Kuliah Merdeka, Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (PLPP/Puslapdik) mengumumkan pembukaan kesempatan bagi mahasiswa baru di seluruh Indonesia. KIP Kuliah Merdeka di tahun 2024 memiliki anggaran sebesar Rp13,9 triliun, ditujukan untuk membiayai 985.577 mahasiswa.

 

Penerima KIP Kuliah Merdeka 2024 akan menikmati pembebasan biaya pendaftaran seleksi masuk perguruan tinggi dan bantuan biaya hidup per bulan. Bantuan ini disalurkan langsung ke rekening perguruan tinggi dan rekening mahasiswa. Dana tersebut akan diberikan dalam 5 klaster besaran per bulan, berkisar antara Rp800.000 hingga Rp1.400.000.

 

Abdul Kahar, Pelaksana Tugas Kepala Puslapdik, menjelaskan bahwa peningkatan kualitas sasaran dan inovasi menjadi fokus tahun ini. Ini termasuk peningkatan kuota penerima KIP Kuliah Merdeka, integrasi data calon penerima yang lebih baik, peningkatan layanan melalui pengembangan Monitoring Proses Pencairan, dan penyediaan layanan penyaluran biaya hidup melalui fintech.

 

Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek, Suharti, menekankan pentingnya memberikan kesempatan kepada seluruh anak Indonesia untuk melanjutkan kuliah di kampus-kampus terbaik. KIP Kuliah Merdeka diharapkan memberikan asa bagi generasi muda Indonesia dari berbagai lapisan masyarakat untuk menggapai pendidikan tinggi dan mengakhiri mata rantai kemiskinan.

 

Dengan anggaran yang besar dan komitmen yang kuat, KIP Kuliah Merdeka 2024 menjadi langkah nyata menuju Indonesia Emas 2045. Kemendikbudristek menegaskan bahwa setiap anak Indonesia berhak mendapatkan pendidikan tinggi dan membangun masa depan yang lebih baik.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *