Berita KebudayaanBerita Pendidikan

Dampak Globalisasi: Antara Kemajuan dan Ancaman Bagi Kehidupan Sehari-hari

 Ada cerita yang terpahat dalam setiap serat bambu, terdengar dalam nyanyian angin menyusuri ijuk, dan terasa dalam getaran kayu-kayu yang menyusun rumah adat Jawa Barat. Menjauh dari beton dan baja, rumah-rumah ini bukan hanya arsitektur, tetapi sebuah narasi hidup yang terus hidup dan bernapas.

  1. Kasepuhan Cirebon: Persembahan Pangeran Cakrabuana yang Abadi

 Rumah Adat Kasepuhan Cirebon, menciptakan kisah gemilang sejak tahun 1529 oleh sentuhan Pangeran Cakrabuana. Tempat di mana Jinem dan Pringgodani menyambut tamu dengan gemerlap masa lalu, mengajak kita untuk menapaki lorong waktu menuju kemegahan kerajaan.

  1. Togok Anjing: Pohon Bambu yang Menari dengan Soronday

 Togok Anjing di Garut, seperti pohon bambu yang menari di dalam keanggunannya. Tanpa tiang penyangga konvensional, rumah adat ini menciptakan simfoni struktural yang melibatkan elemen-elemen alami dan menciptakan harmoni dengan alam.

  1. Imah Badak Heuay: Dalam Keadaan Badak yang Menggapai Langit

 Imah Badak Heuay di Sukabumi, tempat badak yang menguap, menawarkan ruang untuk merenung di antara sisi rumah yang menyerupai makhluk itu. Rumah panggung ini memadukan kerumitan dengan sederhana, menciptakan suasana yang mendalam dan merenung.

  1. Imah Jolopong: Melingkar dalam Sederhana Sumedang

 Imah Jolopong di Sumedang, merangkul kita dalam kesederhanaan lingkungannya. Atap berdesain mudah, tangga yang melingkar, dan kolong yang menyembunyikan kehidupan di balik dinding bambu. Ini adalah panggung sederhana namun berbicara ribuan cerita.

  1. Imah Perahu Kumureb: Melayang di Atas Gazebo Kayu dan Ijuk

 Imah Perahu Kumureb di Kampung Adat Kuta, Ciamis, adalah kisah melayang di atas gazebo kayu dan ijuk. Atap yang menyerupai perahu terbalik menciptakan pemandangan yang mengundang perjalanan dalam waktu, sementara tangga rendah menjadi pintu masuk ke dunia magisnya.

 Inilah sepotong Jawa Barat yang diceritakan melalui 5 rumah adatnya, sebuah epik yang terpahat dalam detail dan melampaui sekadar arsitektur tradisional. Kearifan dan keindahan, terus bersinar dalam jejak waktu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *