Berita Pendidikan

Perguruan Tinggi Swasta Indonesia Mencorong Prestasi Global di Eurasia Higher Education Summit

Universitas Tarumanagara (Untar), dipilih oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (KEMENDIKBUDRISTEK) sebagai perwakilan unggulan Indonesia dalam Eurasia Higher Education Summit (EURIE) 2024 di Istanbul, Turki, 26-29 Februari 2024. Prestasi ini menandai langkah penting bagi perguruan tinggi swasta dalam memperkuat citra Indonesia di kancah pendidikan tinggi internasional.

 

EURIE 2024, sebuah forum tahunan besar di Asia-Eropa, menjadi ajang pertemuan kalangan pendidik, akademisi, dan pemegang kebijakan pendidikan tinggi dari seluruh dunia. Ketua Tim Kerja Sama dan Humas Ditjen Diktiristek, Yayat Hendayana, memberikan apresiasi khusus kepada Untar sebagai satu-satunya universitas swasta yang membuka booth sendiri. Hal ini mencerminkan komitmen Untar dalam memperkenalkan program unggulan mereka secara fokus dan efektif.

 

Yayat Hendayana menyoroti peran nyata dan sumbangsih Untar untuk bersaing di kancah global. Prof. Dr. Ariawan Gunadi, S.H., M.H., Ketua Pengurus Yayasan Tarumanagara, menyatakan dukungannya terhadap langkah internasionalisasi Untar. Sebagai universitas swasta yang dipercaya oleh Ditjen Diktiristek, perannya membuktikan bahwa prestasi tinggi tidak hanya milik perguruan tinggi negeri.

 

Rektor Untar, Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan, yang turut hadir di Turki, menyampaikan bahwa keikutsertaan Untar dalam EURIE 2024 adalah langkah strategis dalam mendukung visi “Untar untuk Dunia.” Dengan menjajaki peluang kerja sama kemitraan dengan perguruan tinggi di seluruh dunia, Untar berkontribusi pada pencapaian Sumber Daya Manusia (SDM) Unggul untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045.

 

Meskipun kali pertama mengikuti EURIE, Untar telah membuktikan dedikasinya dalam menjalin kerja sama internasional. Harapannya, kerja sama ini dapat terus diperluas dengan negara-negara Eropa tambahan, memperkaya nilai pendidikan tinggi Indonesia di mata dunia. Untar mengucapkan terima kasih kepada Ditjen Dikti Kemendikbudristek atas dukungan dan fasilitas yang memungkinkan pencapaian positif ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *