Berita Kebudayaan

Peningkatan Kualitas Lingkungan Belajar PAUD Jadi Fokus Utama Pembangunan SDM Nasional

Menjaga kualitas lingkungan belajar dalam pendidikan anak usia dini (PAUD) menjadi prioritas utama dalam upaya membangun sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas di Indonesia. Hal ini disampaikan oleh Wakil Ketua MPR, Lestari Moerdijat, yang menekankan pentingnya langkah-langkah tepat dalam mempersiapkan SDM sejak dini, termasuk pembangunan lingkungan belajar yang kondusif bagi pertumbuhan generasi masa depan.

 

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah meluncurkan Rapor Pendidikan 2024 pada tanggal 5 Maret di Senayan, Jakarta. Peluncuran ini bertujuan untuk mencapai peningkatan kualitas pendidikan yang berkelanjutan di Indonesia.

 

Perkembangan terbaru dari Rapor Pendidikan 2024 menghadirkan pembaruan data tentang kualitas lingkungan belajar di satuan pendidikan PAUD. Rapor ini merupakan laporan yang menunjukkan kondisi satuan pendidikan berdasarkan hasil asesmen dan survei nasional.

 

Menurut Lestari, perhatian terhadap kualitas lingkungan belajar di jenjang PAUD harus menjadi perhatian bersama bagi semua pemangku kepentingan. Dia menekankan bahwa tantangan bangsa di masa depan membutuhkan SDM yang tangguh dan kompetitif.

 

Rerie, anggota Komisi X DPR RI, menegaskan bahwa penguatan sektor PAUD sebagai bagian dari pembangunan SDM nasional adalah langkah strategis yang harus diwujudkan. Hal ini karena Indonesia memerlukan generasi muda yang tangguh dan kompetitif untuk bersaing di era globalisasi yang penuh dengan perubahan.

 

Dengan demikian, upaya meningkatkan kualitas lingkungan belajar di PAUD tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, tetapi juga seluruh elemen masyarakat yang peduli terhadap masa depan bangsa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *