Berita Pendidikan

Perjalanan Pendidikan Inklusif: Dosen Muda UAI Terinspirasi dari Skotlandia

Para dosen muda dari Ilmu Komunikasi Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) baru saja kembali dari perjalanan inspiratif mereka ke Skotlandia. Mereka membawa pulang catatan penting tentang pendidikan inklusif setelah menghabiskan lebih dari sepekan di Universitas Edinburgh (UoE).

Kunjungan ini merupakan bagian dari hibah UK-ID Disability Inclusion Partnership Grant dari British Council Indonesia. Selama di UoE, mereka disambut dengan hangat oleh Profesor Dr John Ravenscroft dan Elizabeth McCann dari Moray House School of Education and Sport (MHSES).

Menurut Cut Meutia Karolina, salah satu dosen dari UAI, Skotlandia memiliki regulasi yang jelas terkait penerimaan mahasiswa disabilitas di sekolah dan kampus. Penolakan terhadap mereka dianggap ilegal dan menjadi pelanggaran hukum.

Gusmia Arianti, Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi UAI, menegaskan bahwa kunjungan ini memberikan wawasan yang berharga bagi persiapan UAI sebagai kampus yang ramah disabilitas. Mereka berharap dapat membagikan pengetahuan ini kepada masyarakat di Indonesia.

Edoardo Irfan, dosen lainnya dari UAI, menambahkan bahwa pendidikan inklusif di Skotlandia bukan hanya tentang memenuhi regulasi, tetapi telah menjadi budaya yang mengakar kuat. Mereka melihat sinergi yang luar biasa antara lembaga pendidikan dan para pemangku kepentingan.

Kunjungan ini juga membuka mata tim dosen muda UAI terhadap berbagai pendekatan dalam pendidikan inklusif, termasuk dukungan terhadap kesejahteraan mental mahasiswa. Profesor John Ravenscroft menyambut baik kerja sama ini dan berharap dapat membantu UAI menjadi pelopor pendidikan inklusif di Indonesia.

Rencananya, Profesor John dan Elizabeth akan berkunjung ke Indonesia, khususnya UAI, pada Mei 2024 untuk memberikan seminar dan pelatihan tentang pembelajaran yang ramah disabilitas. Mereka berharap kunjungan ini akan menjadi langkah awal dalam membangun pendidikan inklusif yang lebih baik di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *