Berita Pendidikan

Penelitian Ungkap Pengaruh Bahasa Vulgar di Media Sosial terhadap Budaya dan Ekonomi

Universitas Mercu Buana telah merilis hasil penelitian yang menggali dampak konten media sosial terhadap budaya dan ekonomi. Dalam studi berjudul “The Representation of The Cultural Crisis in Social Media as a New Economic Reality in The Culture Industry”, tim peneliti dipimpin oleh Prof. Ahmad Mulyana, Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana.

Penelitian ini fokus pada analisis konten media sosial dari dua sosialita terkenal, Bunda Corla dan Nikita Mirzani. Dengan menggunakan paradigma kritis, penelitian ini bertujuan untuk mengungkap cara kerja ideologis di balik konten digital yang sering kali menggunakan bahasa vulgar dan kekerasan verbal.

Menurut Prof. Ahmad Mulyana, penelitian ini mengidentifikasi krisis budaya seperti pengabaian spiritual dan pencemaran ruang batin dalam realitas penggunaan bahasa tidak sopan di media sosial. Hasil penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Theoretical and Applied Information Technology menunjukkan bahwa konten vulgar di media sosial mencakup kategori kata-kata kotor, rasisme, konten eksplisit, pelecehan, dan cyberbullying.

Konten semacam itu tidak hanya berdampak pada budaya masyarakat, tetapi juga memiliki implikasi ekonomi yang signifikan. Industri budaya telah memanfaatkan kemajuan teknologi untuk mentransfer motif keuntungan secara vulgar ke dalam bentuk budaya. Hal ini menyoroti pentingnya menjaga keseimbangan antara kebebasan berekspresi dan tanggung jawab sosial.

Prof. Ahmad Mulyana menekankan pentingnya etika dan kesadaran budaya dalam bermedia sosial. Penggunaan bahasa yang etis dan kesadaran akan konteks budaya dapat membantu menciptakan pesan yang menarik dan menghibur, sambil tetap menghormati nilai-nilai budaya kesopanan.

Selain Prof. Ahmad Mulyana, penelitian ini juga melibatkan Dewi Sad Tanti, Aminah Swarnawatiari, dan Irmulansati Tomohardjo dari Universitas Mercu Buana serta Universitas Mercu Buana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *