Berita Pendidikan

Mahasiswa Program Kampus Mengajar Berinovasi dalam Transformasi Digital Pendidikan

Kehadiran mahasiswa program Kampus Mengajar Angkatan VII tidak hanya memberikan semangat baru di lingkungan sekolah, tetapi juga menggairahkan dunia pendidikan dengan inovasi dan dedikasi mereka. Dalam rangka menghadapi tantangan zaman, para mahasiswa ini telah memasuki minggu keempat penugasan mereka dengan penuh semangat.

Lebih dari 32.000 mahasiswa tersebar di lebih dari 7.000 sekolah, menjalankan beragam kegiatan yang mencakup dari observasi hingga penyusunan Rencana Aksi Kolaborasi (RAK). RAK ini merupakan blue print bagi para mahasiswa untuk mengimplementasikan program-program inovatif mereka dengan berkolaborasi bersama guru dan tenaga pendidik di sekolah penugasan.

Demi memastikan mahasiswa dapat menghadirkan program-program yang kreatif dan inovatif, tim program Kampus Mengajar telah menggelar serangkaian coaching clinic daring. Dalam sesi terbaru pada 18 Maret 2024, diskusi difokuskan pada pemanfaatan peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam proses pembelajaran.

Menyadari pentingnya integrasi teknologi dalam pendidikan, Aswin Wihdiyanto dari Kemendikbudristek menegaskan perlunya transformasi digital dalam pembelajaran. Bantuan peralatan TIK kepada sekolah-sekolah menjadi salah satu langkah strategis pemerintah dalam mendukung proses digitalisasi pendidikan.

Para mahasiswa Kampus Mengajar turut berperan dalam memastikan pemanfaatan peralatan TIK ini optimal di sekolah-sekolah penugasan mereka. Dengan kolaborasi antara mahasiswa, guru, dan tenaga pendidik, diharapkan proses transformasi digital dapat dipercepat, memberikan dampak positif bagi kualitas pendidikan di Indonesia.

Penugasan mahasiswa program Kampus Mengajar bukan sekadar kegiatan akademik biasa. Melalui program ini, mereka tidak hanya belajar di luar kelas, tetapi juga menjadi mitra bagi guru dalam mengembangkan pembelajaran di tingkat pendidikan dasar dan menengah. Inilah upaya nyata pemerintah dalam memperkuat literasi, numerasi, dan adaptasi teknologi di kalangan peserta didik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *