Berita Pendidikan

Program Pendidikan Teologi di Rutan Palangka Raya: Membuka Peluang Baru bagi WBP

Sebanyak 25 warga binaan pemasyarakatan (WBP) di Rutan Kelas II A Palangka Raya melangkah dengan bangga menuju perayaan wisuda mereka dalam program Mahasiswa Teologi Pendidikan 1 Tahun Bersertifikat, yang digelar pada Selasa (26/3).

Kemitraan antara Rutan Palangka Raya, Sekolah Tinggi Teologi Anugerah Indonesia, dan Yayasan Indonesia Bangkit dan Bersinar telah membawa dampak positif yang signifikan, terutama bagi para WBP yang berjuang untuk perubahan diri mereka. Dari 30 orang yang mengikuti program tersebut sejak dimulainya pada 30 Januari 2023, 25 di antaranya telah berhasil menyelesaikan pendidikan selama satu tahun.

Dalam upacara wisuda yang penuh haru, Panitia Pelaksana Wisuda dan Rutan Palangka Raya memberikan Buku Aksara Jiwa jilid 4 sebagai simbol keberhasilan dan apresiasi atas dedikasi mereka dalam mengejar pendidikan, meskipun dalam keterbatasan.

Kepala Divisi Pemasyarakatan, Tri Saptono, menyambut baik inisiatif ini dan menyatakan bahwa peningkatan pembinaan kepribadian bagi WBP sangatlah penting. “Di bulan penuh berkah ini, kami berharap agar setiap bekal pengetahuan yang mereka dapatkan dapat menginspirasi mereka untuk berkontribusi lebih baik dalam masyarakat,” ungkapnya.

Ia juga menegaskan tekad bersama untuk menjadi “PASTI Berdampak” dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Rutan Palangka Raya. Ia berharap bahwa ilmu yang diperoleh para wisudawan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, bahkan ketika mereka sudah kembali ke tengah keluarga mereka.

Selama upacara wisuda, 25 mahasiswa menyatakan ikrar sapta setia mereka sebagai lulusan STT Anugerah Indonesia. Penghargaan khusus diberikan kepada Hadi Saputra yang meraih IPK tertinggi sebesar 3,8, sementara Tuan Putra meraih nilai terendah dengan IPK 3.

Program ini tidak hanya membuka pintu baru bagi WBP untuk meningkatkan diri mereka sendiri, tetapi juga memberikan harapan baru untuk masa depan yang lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *