Berita KebudayaanBerita Pendidikan

Pesantren dan Coca-Cola Europacific Partners Indonesia Berkolaborasi untuk Lingkungan yang Lebih Bersih

Pesantren, sebagai lembaga pendidikan yang tidak hanya menekankan pada pembelajaran fisik, tetapi juga spiritual, memegang peran penting dalam membentuk karakter dan kesadaran lingkungan di kalangan muda. Inilah yang mendorong Coca-Cola Europacific Partners Indonesia (CCEP Indonesia) untuk menggelar program ‘Ramadan Bersih, Ramadan Suci’ bekerja sama dengan 15 pesantren terpilih di seluruh Indonesia pada tanggal 26-28 Maret 2024.

Menurut Lucia Karina, Direktur PACS di CCEP Indonesia, program ini bertujuan untuk mendorong para santri agar menjadi agen perubahan dalam komunitas mereka. Mereka diharapkan dapat memahami dan mengadopsi nilai-nilai penting tentang kebersihan dan keberlanjutan lingkungan, khususnya dalam hal pengelolaan sampah yang bertanggung jawab.

Program ini mencakup workshop pengelolaan sampah untuk memberikan pemahaman kepada para santri tentang pentingnya pemilahan sampah dan pendirian bank sampah. Selain itu, program ini juga menyelenggarakan buka puasa bersama yang mempererat hubungan antara santri dan staf pesantren. Kegiatan ini melibatkan 15 pondok pesantren dari berbagai daerah di Indonesia.

Total 4.950 santri turut serta dalam program ini. Selain itu, dalam kegiatan tersebut, diserahkan sebanyak 23 tempat sampah sebagai upaya bersama untuk mengedukasi dan mendorong praktik pengelolaan lingkungan yang lebih baik.

Workshop pengelolaan sampah ini sejalan dengan fokus CCEP Indonesia terkait rencana aksi keberlanjutan yang tertuang dalam komitmen global ‘This is Forward’. Sebagai perusahaan pembotolan dan distribusi minuman kemasan, CCEP Indonesia berkomitmen untuk mewujudkan praktik ekonomi sirkular.

Program ini mendapat sambutan positif dari pesantren-pesantren yang terlibat. KH. Sonhaji Abdussomad, Pengasuh Pondok Pesantren Al-Hidayah 2 Lecari, Pasuruan, Jawa Timur, menyatakan harapannya agar kegiatan semacam ini dapat dilakukan secara berkelanjutan. Baginya, pengelolaan sampah merupakan salah satu persoalan yang terkadang luput dari perhatian di lingkungan pesantren, dan kegiatan ini diharapkan dapat menjadi langkah awal untuk menciptakan pengelolaan sampah yang ideal di pesantren.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *