Berita Pendidikan

Kolaborasi Pos Indonesia, PPI Kemkominfo, dan Dinas Pendidikan Serang Banten untuk Melestarikan Budaya Lewat Prangko

Upaya pelestarian warisan budaya Indonesia terus digelorakan. Kali ini, Pos Indonesia berkolaborasi dengan Direktorat Jenderal Penyelenggara Pos dan Informatika (PPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika serta Dinas Pendidikan Kota Serang Banten menggelar acara peluncuran Prangko Seri Senjata Tradisional dan Edukasi Melalui Prangko.

Dengan tema “Mengenal Kebudayaan dan Cerita Rakyat melalui Prangko,” acara ini menjadi momentum penting dalam upaya menjaga kekayaan budaya bangsa.

Acara yang dihadiri oleh Dirjen PPI Wayan Toni Supriyanto, Direktur Pos Gunawan Hutagalung, serta berbagai pihak terkait lainnya, menjadi momen berharga untuk menandai peluncuran prangko tersebut. Turut hadir pula perwakilan guru dan siswa SMP Kota Serang.

Wayan Toni Supriyanto mengungkapkan bahwa desain Prangko Seri Senjata Tradisional ini tidak hanya sekadar menampilkan gambaran senjata, melainkan juga mencerminkan kearifan budaya serta identitas yang telah menjadi bagian integral dari sejarah bangsa Indonesia.

Prangko-prangko ini, lanjutnya, bukan hanya menggambarkan kekuatan fisik, tetapi juga kekuatan spiritual, keberanian, serta filosofi kehidupan yang tercermin dalam budaya bangsa.

Dalam acara yang sama, juga diselenggarakan Edukasi Melalui Prangko, dimana peserta, terutama perwakilan guru dan siswa SMP, diajak untuk memahami sejarah prangko serta proses pengiriman surat. Mereka juga diajak untuk aktif menulis surat dan mengirimkannya menggunakan prangko.

Direktur Bisnis Jasa Keuangan Pos Indonesia, Haris, menekankan bahwa kegiatan ini tidak hanya bertujuan untuk mengenalkan prangko kepada generasi muda, tetapi juga untuk membangun kedekatan emosional dengan prangko. Harapannya, Edukasi Melalui Prangko ini dapat memberikan manfaat ekonomi, sosial, dan budaya yang maksimal bagi masyarakat Indonesia.

Prangko Seri Senjata Tradisional ini tersedia dalam berbagai bentuk, seperti Sampul Hari Pertama, Souvenir Sheet, dan Fullsheet, dengan harga yang terjangkau. Diharapkan, prangko ini bisa menjadi bagian dari upaya pelestarian dan pengenalan budaya Indonesia, serta menjadi sumber inspirasi bagi generasi muda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *