Berita Kebudayaan

Perkembangan Wisata Kampung Budaya Pandanwangi Cianjur: Langkah Menuju Pembaruan Destinasi yang Menarik

Kampung Budaya Pandanwangi di Kecamatan Warungkondang, Kabupaten Cianjur, menjadi sorotan dalam rencana penataan dan pengembangan wisata tahun ini. Meskipun menjadi salah satu Objek Daerah Tujuan Wisata (ODTW), namun kunjungan wisatawan ke tempat tersebut masih minim.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Cianjur, Asep Suparman, menyampaikan perlunya upaya penataan dan pengembangan di Kampung Budaya Pandanwangi. Diakui bahwa nilai jual wisata di kawasan ini masih belum memadai.

“Diharapkan Kampung Budaya Pandanwangi dapat menjadi model pengembangan untuk beberapa zona. Saat ini, kawasan tersebut masih minim kunjungan karena kurangnya fasilitas yang menarik bagi wisatawan,” ujar Asep, pada Jumat (19/4).

Rencana pengembangan akan melibatkan beberapa zona di kawasan seluas 3 hektare tersebut. Pembangunan fasilitas sarana di zona-zona yang masih terbengkalai diharapkan dapat meningkatkan daya tarik destinasi ini bagi pengunjung.

“Tahun ini kami rencanakan pengembangan dan pemanfaatan maksimal lahan seluas tiga hektare. Kami juga berencana menyusun kalender event Festival Kampung Budaya Pandanwangi untuk menarik minat pengunjung yang menghargai nuansa alam pedesaan,” tambah Asep.

Dengan langkah-langkah pembaruan ini, diharapkan Kampung Budaya Pandanwangi dapat menjadi aset yang bernilai serta menarik minat wisatawan untuk mengunjunginya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *